Jumat, 14 September 2012

Tips Bernyanyi yang Baik

>>>


Suka menyanyi? Kalau diberi pertanyaan itu, pasti jawaban saya iya, saya suka bernyanyi. Suara bagus? Mmm…nggak bagus sih, tapi suka menyanyi. Nggak percaya diri kalau-kalau diajak karaoke bareng teman? Sekarang itu tinggal kenangan. Langkah-langkah singkat berikut ini bakal bikin kita lebih berani nyanyi di depan publik. Yah, minimal nggak malu-maluin lah! Hampir semua orang pasti suka musik, dan hampir semua orang yang suka musik pastinya suka nyanyi. Tapi kenyataan memang sering nggak sesuai impian. Inginnya suara seperti Taylor Swift atau Rihanna, tapi keluarnya jauh banget dari mirip. Tapi tunggu dulu! Walau nggak bisa sebeken atau nyanyi sekeren mereka, minimal kita bisa nyanyi benar dan nggak malu- maluin. Caranya? Simak tips ini: 1. Bernafas Dengan Benar Walau punya suara oke tapi jika teknik bernafas kita salah, nyanyi bisa jadi nggak oke. Bernafas yang benar bakal bikin suara kita tambah oke. Menurut singing tips, pernafasan yang baik melibatkan otot-otot diagframa (antara dada dan perut). Ketika menarik nafas, diagframa menekan ke bawah dan berkontraksi karena paru-paru sedang mengambil udara. Tindakan ini membuat otot tulang membusung ke depan. Cara bernafas seperti tadi wajib dilakukan ketika bersiap untuk menyanyi. Lepaslah nafas dan mulailah bernyanyi. Mengetahui cara bernafas bakal membuat kamu mengetahui berapa bait yang bisa dihabiskan dalam satu tarikan nafas. Jika masih sulit juga mengendalikan nafas, coba cara ini. Tutup salah satu telinga dengan tangan (seperti ketika menelepon). Lakukan cara pernafasan tadi dan coba dengarkan suara kamu. Cara ini membuat kamu lebih mudah mengontrol nafas. Jika bait yang akan dinyanyikan tidak terlampau panjang, tak perlu ambil nafas terlalu dalam untuk menghindari sisa udara yang keluar sehingga suara kamu seperti berdengus. 2. Menyanyi Seperti Bintang Televisi Belakangan ini banyak reality show yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi bintang di panggung nyanyi. kamu juga bisa kok! Caranya, setelah latihan bernafas coba maju ke latihan teknik menyanyi. Pelajari kaset atau CD berbagai penyanyi idola. Bedakan cara mereka bernyanyi dan pelajari sebanyak mungkin. Jika ingin lebih cepat, cari seorang pelatih atau belajar dari CD-CD latihan nyanyi. Ini kalo kamu emang beneran niat jadi penyanyi ya! Coba juga berlatih menyanyi acapela alias tanpa iringan musik. Setiap kamu latihan menyanyi, rekam suara kamu. Pelajari kesalahan dan kelebihan suara kamu. Yang paling penting, sering-sering lah tampil. Memperbanyak kesempatan tampil bisa membuat kamu lebih percaya diri. Gelar pertunjukan sebanyak mungkin, walaupun hanya di depan teman-teman atau di hadapan keluarga kamu. 3. Penghayatan Lagu Menghayati lagu bisa membuat penampilan kamu lebih maksimal. Pahami lagunya dan rasakan apa yang dimaksud oleh sang penyanyi atau penulis lagu. Agar penghayatan lebih mendalam gunakan gerak tubuh dan mimik wajah. Kalau bingung banget mau gaya apa, tiru aja video klip lagu tersebut. Nggak usah malu untuk bergoyang sesuai irama. Tapi ingat! Jaga terus teknik pernafasan yang benar. 4. Jangan Terpaku Pada Satu Genre (Aliran) Yup Betul banget! Kamu nggak hanya bisa menyanyi di satu jenis musik saja. Memang suara vokal kamu akan menunjukan kecocokan pada salah satu genre. Tapi, semua lagu pasti bisa kamu nyanyikan tergantung caranya. Atur penempatan pernafasan dan penekanan pada salah satu bagian tubuh. Misalnya, ketika kamu membiarkan udara keluar dari dada maka kamu menggunakan suara dada. Cobalah bereksperimen dengan berbagai jenis suara yang bisa kamu lakukan. Pilih mana yang paling pas untuk lagu favorit kamu. Jangan berhenti mencoba!  5. Latihan Terus Inilah kunci paling penting! Teknik nafas udah, teknik nyanyi juga udah, belajar gaya apalagi! Nah tinggal latihan terus supaya suara tambah oke. Jangan tunggu diajak teman. Ajak duluan teman kamu ke karaoke atau jangan malu-malu tampil di panggung sekolah atau di lingkungan rumah walaupun sekedar menyanyi satu dua lagu.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda Menjadi Masukan Buat Saya, untuk Menjadi Lebih Baik...