Ciri-Ciri Dan Cara Hindari Komentar Spam Pada Blog


Cara Hindari Komentar Spam Pada Blog Selama aktifitas ala maya rutinitas yang saya lakukan beberapa jam yang lalu banyak Saya jumpai artikel yang membicarakan tentang permasalahan yang kerap dijumpai saat, ingin memberikan komentar yang katanya terlalu sulit dan memakan waktu. Di sini Saya ingin meluruskan sedikit banyaknya dari apa yang Saya pernah baca sebab dan akibat dari persoalan tersebut, sebelum melanjutkan ketopik pembahasan postingan ini. Untuk sebab biasanya itu di gunakan semata-mata untuk menghindari S̶p̶a̶m̶m̶e̶r̶ Spam yang muncul, yang mengakibatkan Reputasi atau Ranking Blog atau Website korbanS̶p̶a̶m̶m̶e̶r̶ itu menurun yang akhirnya memperketat dengan memberikan ketentuan-ketentuan atau fungsi-fungsi yang di pasang, seperti himbauan atau peringatan untuk tidak melakukan spam, Kode Verifikasi Komentar dan Moderasi Komentar. Salah satu kode etik yang sering kali dilanggar, tanpa disadari akibat kode etik yang kurangnya tertanam dalam hati seorang Blogger itu berdampak buruk untuk kemajuan blog yang di buatnya ataupun korban akibat komentar spam tersebut yang terpampang di blog atau website yang mereka tinggalkan.

Ciri-Ciri Dan Cara Hindari Komentar Spam Pada Blog
Bicara soal spam, susah-susah gampang Saya pikir untuk ajak sahabat pengunjung blog kita untuk lebih memahami pentingnya kualitas komentar itu. Kasus sering terjadi tidak hanya di blog tetangga yang Saya jumpai, di blog ini saja kerap selalu Saya jumpai untuk kode etik yang satu ini yaitu Komentar Spam! Ciri-Ciri Dan Cara Hindari Komentar Spam Pada Blog yang Saya ketahui dari tempat curahan tempat Saya mencari sebuah Ide untuk di jadikan Referensi kegiatan blogging Saya Mbah Google sebagai berikut:
    1. Ciri-ciri pertama komentar spam yang di hadiahkan oleh sebuah Robot Otomatis, komentar ini jelas komentar spam kelas kakap. Sering dijumpai pastinya untuk blog atau wib site yang terbilang sangat populer. Robot Otomatis ini kerap melakukan spam sesuai perintah. Biasanya bentuk komentar spam yang di hadiahkan berbentuk isi komentar yang Not Relevant Comment atau tidak sesuai dengan isi conten yang di komentari, berbentuk promosi, iklan dan link rujukan yang diletakkan didalam kotak komentar berkali-kali itu adalah Spam. Cara mengatasi spam ini dengan Setting Kode Verifikasi pada komentar karena dengan begitu Robot Otomatis tidak bisa melakukan Spammer dan untuk jenis komentar lain Bukan Robot Blogger akan secara otomatis mendeteksi komentar yang di berikan oleh komentator spam ataukah tidak, biasanya kalo Bukan Robot masih bisa lolos, gunakan cara kedua. 
      2. Ciri-ciri kedua komentar spam yang di hadiahkan oleh pengunjung itu sendiri bukan robot. Jelas kalo ini adalah spam kelas teri yang kerap selalu Anda jumpai. Ciri-ciri untuk spam ini sedikit banyaknya memiliki kesamaan seperti pada ciri pertaman, yaitu isi komentar tidak sesuai artikel atau Not Relevant Comment, tidak hanya robot yang suka meninggalkan Link Rujukan tetapi juga yang bukan robot. Cara mengatasi spam ini bisa dilakukan dengan memberikan peringatan atau himbauan Anda pada kotak komentar, contoh: "Berikan komentar Relevant Comment, Jangan meninggalkan Link dalam kotak komentar yang merujuk ke blog Anda" danSetting Moderasi Komentar. Seperti yang Anda bisa lihat di Blog Berbagi Kreativitas. Bagi Anda yang belum tahu apa itu Relevant Comment Saya akan sedikit memberikan contoh, perhatina gambar sebagai berikut  klik gambar agar terlihat jelas.

           
         3. Ciri-ciri ketiga komentar spam terkait gambar diatas yaitu, komentar spam yang di beri tanda kotak merah pada komentar spam pertama itu Jelas sekali komentar yang di berikan tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan judul postingan atau konten yang Spammer berikan "Not Relevant Comment". Untuk Cara mengatasi spam ini Anda bisa menggunakan Setting Moderasi Komentar pada blog Anda. Untuk Sahabat yang ingin sekedar berkunjung disini untuk memberikan konfirmasi atau ucapan salam blogwalking toh Sayakan sudah menggunakan tempat yaitu Gues Book "Berkomentarlah Sesuai Dengan Tempatnya", jika kesulitan untuk isi guest book yang Saya sediakan bisa isi pada kotak komentar saja. Untuk ciri-ciri komentar spam pada kotak merah pertama itu, hasil koreksi Saya karena sekarang kotak komentar hasil rekomendasi berdasarkan penelitian dan minat para pengunjung Fungsi untuk Verifikasi Kode komentar blog ini sudah Saya lepas, yang tinggal hanya Moderasi Koementar, jadi komentar akan muncul jika Saya izinkan, dan contohnya bisa di lihat pada gambar di atas pada kotak merah pertama. Cara ketiga ini terkesan tidak otomatisasi karena Saya harus periksa satu persatu komentar yang masuk itu spam ataukah tidak, tapi demi kepentingan kita bersama itu tidaklah jadi persoalan bagi Saya.
          4. Ciri-ciri keempat komentar spam masih terkait gambar di atas dan poin ciri-ciri pertama komentar spam. Perhatikan gambar di atas untuk kotak merah pada komentar spam kedua dan ketiga. Itu adalah hasil otomatisasi komentar spam, disitu bisa dilihat ada terdapat kataS̶i̶n̶d̶i̶r̶a̶n̶ yang seharusnya tidak pantas untuk di paparkan menurut Google itu juga termasuk Spam! Hasil spam tersebut Saya dapat ketika Saya masih menerapkan Setting Kode Verifikasi pada komentar. Lihat perbedaannya antara yang otomatis dengan Kode Verifikasi dan yang manual dengan menggunakan Moderasi Komentar. Cara mengatasi spam ini dengan menggunakan Setting Kode Verifikasi pada komentar blog Anda. Tinggal pilih mau yang mana? Saran saya jika Anda masih terbilang Newbei sama seperti Saya, gunakan saja untuk poin ketiga dengan Setting Mederasi Komentar - Pilih Option Selalu. Maksudnya jika ada pengunjung yang memberikan komentar harus mendapatkan persetujuan Anda terlebih dahulu, disini Anda di tuntut untuk menilai komentar yang masuk layak tampil atau tidak Spam atau Bukan Spam.
            Sekian tips yang dapat Saya berikan seputar artikel Etika Blogger dan SEO. Semoga ini dapat membantu Anda agar blog atau website Anda lebih optimal lagi di mata Search Engine, dengan tahu ciri-ciri dan cara mengatasi spam pada komentar seperti yang bisa Anda lihat di atas. Harapanya semoga para Blogger  Indonesia itu bisa sadar mari sama-sama kita ciptakan suasana yang kondusif dan bermartabat terimakasih dan Salam.

            sumber : berbagi-kreativitas.blogspot.com

            Tidak ada komentar:

            Posting Komentar

            Komentar Anda Menjadi Masukan Buat Saya, untuk Menjadi Lebih Baik...